Kamis, 02 Mei 2013


Contoh RPP KD 2.1 SK 2 SMP Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                             Nama Sekolah       :     SMP NEGERI  ...........
                              Mata Pelajaran      :     Matematika
                              Kelas                    :    VII (Tujuh)
                              Semester               :     1 (Satu)


Standar KompetensiALJABAR    
                                     2.      Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
                                     Pertidaksamaan linear satu variabel.

Kompetensi Dasar        :2.1.Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.

Indikator                    :   Dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta,
                                      suku,koefisien suku, dan suku sejenis.

Alokasi Waktu           :  1x20 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
o   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, dan suku sejenis

v  Karakter siswa yang diharapkan :           Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.     Materi Ajar
         Aljabar dan Aritmetika Sosial, yaitu mengenai:
a.       Mengenal bentuk aljabar.
b.      Menjelaskan pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis

C.     Model Pembelajaran
         Kooperatif



TAHAP – TAHAP MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Tahap 1
 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa Guru menyampaikan semua tujuan pem belajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersbut dan memotivasi siswa belajar.
Tahap 2
Menyajikan informasi Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan
Tahap 3
Mengorganisasikan siswa kekelompok-kelompok belajar Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
Tahap 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka menyajikan tugas mereka.
Tahap 5
Evaluasi Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Tahap 6
Memberikan penghargaan Guru mencari cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individual dan kelompok

D.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.


E.     Langkah-langkah Kegiatan.
         Pertemuan Pertama    
         Kegiatan awal    :  -  Apersepsi :  -       Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-          Siswa diajak mengingat kembali tentang menggunakan sifat-sifat operasi hitungan bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan materi tentang bentuk aljabar, variabel , konstanta, koefisien , suku dan suku sejenis
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi pengertian variabel, konstanta, koefisien, dan suku sejenis dan suku tak sejenis.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memfasilitasi siswa dalam pembentukan kelompok-kelompok belajar, guru membagi kelompok-kelompok belajar.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian lembar kerja siswa tentang pengertian variabel, konstanta, koefisien, dan suku sejenis untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
F Membimbing kelompok bekerja dan belajar Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka menyajikan tugas mereka.
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil diskusi individual maupun kelompok.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
F Memberikan penghargaan Guru mencari cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar kelompok.


Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran tentang pengertian variabel, konstanta, koefisien, dan suku sejenis.
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
F Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E.  Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-     Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1 Erlangga,
-     M.Cholick A, Sugijono,  Matematika untuk SMP Kelas VII Semester I. Jakarta: Erlangga, 2006.

Alat :
-    Laptop
-    LCD

               F. Penilaian Hasil Belajar    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ........................................................)
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



(ANGGITAPUSPANDARI)
NIP/NIK :…….…………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar